iPhone 7, Waktunya Upgrade?

9/18/2016 Graha Nurdian 0 Comments

iPhone 7 udah dirilis pas tanggal 7 September 2016 kemarin. Di Bill Graham Civic Auditorium San Francisco lah Apple Watch 2, iPhone 7 dan 7 Plus diumumkan. Disini gw akan bahas apa aja sih yang baru di iPhone 7 dan mending upgrade iPhone 7 ini apa nunggu yang baru dari sudut pandang gw. Sebelum masuk bahasan kita ntar, mending tontonin dulu deh iklan iPhone 7

Kalo videonya ga keluar klik aja disini.

1. Home button yang baru


Kata Johnny Ive sih iPhone 7 ini pake teknologi solid-state yang diklaim lebih responsif dan sensitif terhadap tekanan. Dan Apple pun nambahin teknologi Taptic Engine yang bikin home button iPhone 7 bisa 3D touch kaya layar iPhone 6s. Jadi dari Home Button kita bisa bikin shortcut ke Quick Actions, Pesan, Notifikasi, Ringtone, dan API Tactic Engine untuk aplikasi pihak ketiga. Dan desain yang baru bikin nih home button tahan air sama debu bro.

2. Water Resistant + Dust Resistant


Butuh waktu hingga iPhone 7 sampe akhirnya Apple mau bikin iPhone yang water resistant sama dust resistant, water resistant lho ya bukan water proof. iPhone 7 ini pake sertifikasi standar IP67 yang standarnya tahan debu secara total dan bisa dicelupin di kedalaman 15cm sampe 1 meter. Walaupun klaimnya begitu. jangan dipake nyelem ya, dipake ujan-ujanan aja, ini hape, bukan action cam.

3. Kamera

Kamera iPhone7


iPhone 7 ini masih bertahan sama 12MP (Besaran megapixel ga mempengaruhi kualitas foto, kecuali lo mau cetak foto seukuran baliho dijalan), ada optical image stabilization-nya, foto gelap-gelapan lebih bagus lagi karena aperture semakin lebar di f/1.8 dan 6 tumpuk lensa. Rentang warna juga makin lebar alias Dynamic range. 

Kamera depan iPhone 7 yang disebut FaceTime HD camera, juga diupgrade jadi 7MP, lumayan buat live streaming BIGO jadi jelas jerawatnya, selfie / snapchat jadi lebih bagus juga buat yang suka narsis. 

Flash pake teknologi Quad-LED True Tone yang diklaim 50% lebih terang dari iPhone 6s, plus ditambah fitur anti-flickering.

iPhone 7 Plus ada 2 Lensa


Sedangkan di iPhone 7 Plus lo bakalan dapet 2 lensa dibelakang biar keliatan kaya mata. 2 Lensa ini bukan 1 Lensa warna dan 1 lensa hitam putih kayak Huawei P9, tapi lensa Wide dan lensa Zoom, 2x Optical Zoom dan 10x digital zoom jadi bisa fotoin cewek cakep dari jauh

Dengan 2 lensa ini juga fitur potrait di aplikasi Camera bisa gabungan foto dari 2 lensa bersamaan ini untuk menghasilkan efek DoF alias bokeh. Dan ada fitur baru buat seri iPhone 7 ini yang bisa gabungin berbagai foto buat hasilin 1 foto terbaik dengan bantuan Image Signal Processor yang bisa lo liat di trailer.

4. Retina HD Display


Upgrade layar baru Retina HD Display dengan warna standar film color gamut. Diklaim lebih terang 25%. 3D Touch ala iPhone 6s.

5. Port 3.5mm Hilang & Speaker Stereo


Apple bikin standar baru lagi dengan cara ngilangin port 3.5mm yang merupakan port audio sejuta umat, katanya sih biar bisa tahan air dan debu, sama ini teknologi udah jadul sih. Gantinya, di box iPhone 7 nanti kita bakalan dapet earphone yang pake koneksi lightning sama konverter lightning to 3.5mm.

Untuk pertama kalinya juga, akhirnya iPhone 7 bakalan punya speaker stereo. Yang udah ada di tab gw tab Nexus 7 2013.

6. Airpods Air! bukan Ear!


AirPods sesuai namanya Earpods versi Air, bukan air water, tapi udara, alias wireless lewat koneksi Bluetooth. Kalo pake Airpods ini lo bisa dengerin musik ga pake ribet kabel, manggil mbak Siri dengan sentuhan halus, dan koneksi yang langsung terhubung tanpa harus setting sana sini. Bisa juga didaftarin di iCloud dan ada prosesor Apple W1 didalemnya.

Btw ini ga sepaket ama iPhone 7 dan harus beli sendiri.

7. Performa


iPhone 7 pake Apple A10 Fusion, 4-core CPU dalam 2 bagian. 2 Core CPU 2x lebih cepat dari iPhone 6, dan 2 core sisanya 1/5 dari 2 core pertama, semacam energy-saving mode gitu. Untuk GPU Apple meng-klaim 3x lipat lebih cepet dari iPhone 6 dan 2x lebih cepet dari iPhone 6s. 

Untuk penyimpanan data, iPhone 7 hadir di 32GB, 128GB, dan 256GB. 

8. Harga


iPhone 7 ini di Amrik bakalan dijual dengan harga $649, $749, $849 dan iPhone 7 Plus dengan harga $769, $869, $969. Warna Jet Black yang baru, cuman ada di 128GB dan 256GB. Pemesanan di 25 Negara (Indonesia ga termasuk tentunya) start 9 September 2016. Buat kamu di Indo yang kebelet pengen beli, cuman bisa beli di Singapura. 

Upgrade?

Nah, sebenernya simple sih, menurut gw iPhone 7 ini jadi standar iPhone buat kedepannya. Fitur yang gw pikir sih kedepannya ga akan jauh beda, dan iPhone 7 ini bisa lo pake bertahun-tahun kedepannya walaupun kehilangan 3.5mm ini jadi masalah besar dan rame dibicarain. Tapi itu buat kalo lo emang bener-bener iPhone addict. 

Kalo lo bukan iPhone addict? 

Pilihan paling rasional ya, kalo lo agak pengen iPhone, iPhone 6 pilihan yang masih worth it kok. Atau kalo sama sekali bukan iPhone addict, ya tinggal cari aja Android yang lo suka, asal jangan sampe zonk beli Android yang suka meleduk ehe. 

You Might Also Like

0 comments: